Dalam dunia bisnis terdapat istilah brand. Brand memiliki esensi berupa emosi, yakni suatu produk dianggap spesial atau istimewa oleh konsumen. Brand dapat menciptakan rasa kepuasan dan bahagia kepada konsumen.
Berikut 3 peran penting brand bagi konsumen. Simak di bawah ini!
Sebagai Identitas
Sebuah produk membutuhkan identitas. Kegunaan identitas agar konsumen dapat mengenali dengan mudah. Brand menjadi hal pertama yang dikenali para konsumen. Dengan adanya identitas ini juga akan memudahkan para konsumen yang pertama kali mengenal.
Dengan demikian, brand juga menjadi pembeda antara usaha lain yang memiliki bidang sama. Mereka bisa membandingkan dan memilih mana brand yang lebih bisa dipercaya kualitasnya.
Baca Juga:
Manajemen Waktu dengan Eisenhower Matrix
Rekomendasi Jurusan Kuliah Sering Traveling
Lebih Dipercaya
Produk yang memiliki brand akan mendapatkan kepercayaan lebih banyak daripada produk yang tidak memiliki brand. Hal ini berkaitan dengan identitas produsennya yang jelas dan terpercaya. Konsumen juga tidak ada rasa ragu untuk membeli karena dengan adanya brand menandakan kualitas barang.
Jangka Panjang
Ketika suatu produk memiliki brand, konsumen yang pernah membeli akan datang kembali karena percaya dengan kualitas yang diberikan. Hal ini menandakan brand dapat membangun komitmen jangka panjang dengan produsen. Konsumen yang sudah menyukai satu brand, maka tidak berpikir untuk berpindah apabila kualitas produk tidak berubah.